Pink Floyd, Louder Than Words, dan The Endless River



Jatuh cinta pada pendengaran pertama ..
Louder Than Words salah satu lagu dari album baru Pink Floyd, The Endless River. Album ini dikabarkan bakalan menjadi album terakhir mereka (album ke 15 mereka) dan dirilis oleh Parlophone dan Columbia Record. Album ini merupakan album pertama mereka setelah kematian Richard Wright (Keyboard), dan album ke 3 mereka tanpa Roger Waters (Bass).
Sampul Album The Endless River
Begitu emosionalnya musik yang disuguhkan di album ini mengingat album ini juga memang di dedikasikan untuk Richard Wright yang meninggal karena kanker pada 15 september 2008 (usia 65 tahun). Album ini juga merupakan kumpulan rekaman - rekaman mereka (kumpulan rekaman mereka yang tidak dirilis dengan total durasi selama 20 jam) bersama Richard Wright saat sesi pembuatan album sebelumnya, The Division Bell tahun 1994. Album ini selesai pada tahun 2013 dan 2014 di studio milik David Gilmour (Gitar) di The Astoria Studio dan Medina Studio di Hove, Inggris. Album ini diproduseri langsung oleh David Gilmour dan dibantu oleh Youth, dan Andy Jackson.

left to right (Richard Wright, David Gilmour, and Nick Mason)
"I think this record is a good way of recognising a lot of what he does and how his playing was at the heart of the Pink Floyd sound. Listening back to the sessions, it really brought home to me what a special player he was." Begitulah ungkap sang drummer, Nick Mason.
Richard Wright
"Unapologetically, this is for the generation that wants to put its headphones on, lie in a beanbag, or whatever, and get off on a piece of music for an extended period of time. You could say it’s not for the iTunes, downloading-individual-tracks generation." ungkap David Gilmour pada Majalah MOJO mengenai album The Endless River tersebut.

Saya pribadi pun merasa sangat tersentuh ketika mendengarkan musik - musik yang disuguhkan di album terbaru ini, mengingat beberapa lagu memang ditulis oleh mendiang Richard Wright. Lagu Louder Than Words ini menjadi satu - satu nya lagu dengan lead vocal (diisi oleh David Gilmour) karena lagu - lagu yang lainnya hanya permainan instrumental. Lirik dari Louder Than Words ditulis oleh istri David Gilmour, Polly Simson. Menurut saya pribadi sebetulnya sangat disayangkan mereka tidak melibatkan Roger Waters, sehingga album ini bisa menjadi album reuni dengan keempat personelnya lengkap, mengingat peran Roger Waters sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan musik Pink Floyd dan juga menjadi penulis utama pada lagu - lagu hits milik Pink Floyd terutama pada album The Dark Side of the Moon (1973), Wish You Were Here (1975), Animals (1977) dan The Wall (1979). 

Roger Waters
Tapi ya sudahlah .. kita nikmati saja album dan persembahan terakhir dari Pink Floyd ~

♪ It's louder than words
   This thing that we do
   Louder than words
   The way it unfurls
   It's louder than words
   The sum of our parts
   The beat of our hearts
   Is louder than words
   Louder than words ♪




Pink Floyd
David Gilmour – guitars, vocals, keyboards, piano, EMS VCS 3, bass guitar(2,4,7,17), voice samples
Nick Mason – drums, percussions, voice samples
Richard Wright – Hammond organ, Farfisa organ, pipe organ, piano, Rhodes piano,keyboards, synthesiser, vibraphone, voice samples

Komentar

Postingan Populer